MENJALIN PERTEMANAN YANG ABADI

Kamis, 02 Juli 2009

Panduan Membuat Blog Bagi Pemula

PANDUAN MEMBUAT BLOG DI BLOGSPOT
Bisa dibaca pula di :
www.massud-terhebat.blogspot.com
www.santrismkyasinatklasibb.blogspot.com
www.selaluokay.blogspot.com
www.ifah-siswasmkyasinatibc.blogspot.com
www.yunia-santrismkyasinatibc.blogspot.com


I. PENDAHULUAN

Blog adalah situs yang bersifat lebih pribadi, yaitu lebih kepada penggambaran dari si pembuat.

Blog dicipta oleh para desainer penyedia blog agar bekerja secara otomatis dan mudah untuk dioperasikan , jadi bagi yang masih bingung dengan bahasa pemrograman untuk membuat sebuah website tidak masalah. Bagi yang sudah bisa membuat sebuah account email di internet, maka dalam membuat blog pun tentu tidak terlalu kesulitan (bisa).

II. CARA MEMBUAT BLOG

Seperti juga e-mail, dalam membuat blog harus mempunyai sebuah account terlebih dahulu, oleh karenanya daftar lebih dahulu di free blog provider (penyedia hosting/domain blog gratis). Free blog provider sangat banyak terdapat di internet dan yang populer saat ini diantaranya : http://www.blogger.com, http://www.wordpress.com serta http://blogsome.com.


Kesempatan kali ini akan diulas tentang cara pembuatan blog di http://www.blogger.com, Silahkan klik gambar dibawah untuk mendaftar.


Setelah berada pada situs blogger.com, akan terlihat gambar seperti gambar di atas. Lakukan langkah-langkah berikut ini :

Klik tanda anak panah yang bertuliskan " CIPTAKAN BLOG ANDA "


1. Isilah Alamat Email dengan alamat email dengan benar (tentunya yang valid)


2. Isikan kembali alamat email tadi pada form Ketik ulang alamat email


3. Tuliskan password yang diinginkan pada form Masukkan sebuah password


4. Isikan kembali password tadi pada form Ketik ulang sandi (password)


5. Isi Nama Tampilan dengan nama yang ingin ditampilkan


6. Tulis tulisan yang tertera pada form Verifikasi Kata. Beri tanda tik/cek pada kotak di pinggir tulisan Saya menerima Persyaratan dan Layanan.


7. Klik gambar anak panah yang bertuliskan "LANJUTKAN"


8. Tuliskan judul blog yang diinginkan ( bisa di rubah lagi) pada form Judul Blog


9. Tulis nama situs anda pada form Alamat Blog (URL)


10. Tulislah tulisan verifikasi yang ditampilkan pada form Verifikasi kata, jika sudah selesai klik gambar panah yang bertuliskan "LANJUTKAN".


11. Pilihlah gambar (template) yang sesuai dengan keinginan (nanti bisa di rubah lagi), kemudian klik gambar anak panah yang bertuliskan "LANJUTKAN"


12. Setelah keluar tulisan "Blog Anda telah diciptakan". Klik gambar panah bertuliskan "MULAI POSTING". Silahkan menulis apa yang ingin ditulis, jika sudah selesai klik tombol "MEMPUBLISKAN POSTING".

III. ISI BLOG

Para pemula, biasanya mereka bingung setelah daftar membuat blog apa yang harus di isikan (diposting) dalam sebuah blog. Isi (content) dari sebuah blog tentu saja terserah kepada pemilik blog itu sendiri, apakah mau di isi perjalanan hidup (kisah nyata), cerita pebdek, puisi, teknik, pengalaman pribadi, konsultasi pshichologi, konsultasi hukum, ataupun apa saja. Namun kalau bisa diterima kami sarankan, isilah blog tersebut dengan minat, bakat ataupun hoby serta keahlian masing-masing, karena tentu saja didunia ini banyak sekali orang yang minat dan hobynya sama, sehingga mereka akan tertarik untuk membaca tulisan-tulisan diblok yang anda tulis.

Ditulis kembali oleh mas'ud and ELHA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar