MENJALIN PERTEMANAN YANG ABADI

Jumat, 03 Juli 2009

MENGATASI KRISIS

Solusi Tepat Mengatasi Krisis

Oleh : Syamsul Hadi,S.Pd

Semua urusan, baik urusan dunia maupun urusan akhirat sebenarnya sudah diatur oleh Allah SWT. di dalam kitab Al Quran. Termasuk bagaimana agar kita terhindar dari krisis ekonomi.

Dalam Al Quran surat Thaaha ayat 132 disebutkan :


ﻭﺃﻣﺭ ﺃﻫﻟﻙ ﺑﺎﻟﺼﻟﻮﺓ ﻭﺃﺻﻄﺒﺮﻋﻟﻴﻫﺎ ﻵﻨﺴﺎﻠﻚ ﺮﺯﻗﺎ ﻨﺤﻦ ﻨﺮﺯﻗﻚ ﻭﺍﻠﻌﺎﻗﺒﺔ ﻠﻠﺘﻘﻭﻯ

Artinya : “Dan perintahkanlah kepada keluargamu mendirikan shalat dan Bersabarlah kamu dalam mengerjakannya. kami tidak meminta rezki kepadamu, kamilah yang memberi rezki kepadamu. dan akibat (yang baik) itu adalah bagi orang yang bertakwa.”

Keterangan

Jika seseorang telah mendirikan shalat, dan seluruh anggota keluarganya juga mendirikan shalat, maka Allah akan memberi rizqi tanpa diduga-duga. Sesuai dengan janji Allah dalam ayat di atas, bahwa “Kamilah” (kata Allah}, yang memberi rizqi kepadamu.” Namun, dalam melakukan hal demikian ini kita harus sabar di dalam mengerjakannya. Tidak boleh mudah berputus asa. Kita harus selalu berprasangka baik terhadap Allah.

Permasalahan ekonomi adalah permasalahan yang memang begitu rumit. Namun bukan berarti tidak bisa diatasi oleh manusia. Mari kita berusaha mengikuti langkah junjungan kita Nabi Agung Muhammad SAW dalam mengatasi keruwetan ekonomi.

Perhatikan sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abi Hatim berikut : :

كان النبي صلى الله عليه وسلم اذااصابه خصاصة نادى اهله : يااهلاه صلواصلوا

Artinya : “ Apabila Nabi SAW.mengalami kesulitan ekonomi, maka beliau berseru kepada keluarganya, “Wahai keluargaku, kerjakan shalat ! kerjakan shalat !

Jadi jelaslah bahwa apabila kita sedang menghadapi kesulitan ekonomi, maka solusinya adalah dengan bersama - sama seluruh anggota keluarga kita untuk banyak - banyak berdoa dengan mendirikan shalat sunnah selain Sholat wajib yang sudah kita kerjakan secara rutin. Kita tingkatkajn ketaqwaan kita kepada Allah, karena dengan bertaqwa kepada Allah, maka akibat yang baik, baik ketika kita masih di dunia maupun di akhirat nanti (syurga) akan diberikan oleh Allah kepada kita. Amin

Bapak Syamsul Hadi S.Pd. adalah Kepala Sekolah SMK Pondok Pesantren Nahdlotuth Tholabah (Yasinat) Kesilir Wuluhan Jember Jawa Timur.

BISA DIBACA :

masud-terhebat.blogspot.com

selaluokay.blogspot.com

hakim-terkaya.blogspot.com

bahrigaya.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar